Kenali Penyebab Mesin Mobil Bunyi Klotok - Klotok atau Suara Kasar

Mazyanto.com- Kenali penyebab mesin mobil bunyi klotok-klotok.  Umumnya kendaraan yang bagus merupakan kendaraan yang rutin dalam melakukan perawatan dan perbaikan secara berkala dengan tujuan agar kondisi mesin selalu terjaga dan normal. 

Kenali Penyebab Mesin Mobil Bunyi Klotok - Klotok atau Suara Kasar


Kurang nya perawatan pada mesin kendaraan biasanya banyak memberikan gejala gejala gangguan pada mesin, seperti banyak kebocoran pada seal pada mesin, mesin pincang, Kemudian mesin Brebet, dan bahkan mesin mobil bunyi klotok-klotok.

Seperti pada kasus yang sedang saya alami suara mesin bunyi kllotok klotok, ini merupakan salah satu pertanda bahwa ada salah satu komponen pada mesin yang mengalami kerusakan. Namun untuk mengetahui komponen yang mana tentu tidaklah mudah, apalagi kalian masih awam. 

Untuk menganalisa masalah tersebut harus meneliti dengan benar dari dari mana asal suara tersbut dan periksa dengan teliti juga apakah ada tanda tanda kerusakan pada salah satu komponen pada mesin. 

Penyebab munculnya suara mesin kasar atau bunyi klotok-klotok biasanya dipengaruhi oleh beberapa factor sebagai berikut:

1. Celah Katup Lebar

Komponen ini memiliki fungsi memberi ruang apabila ada komonen dari logam mengalami pemuaian ketika mesin sedang bekerja. Celah katup adalah jarak antara batang katup dengan rocker arm. Umumnya jarak aman untuk  celah katup agar aman ketika terjadi pemuaian adalah berkisar 0,3 mm dan juga hindari terlalu lebar celah kelep karena dapat membuat batang dan rocker arm berbenturan.

2. Oli Tidak naik / Pompa Oli Bermasalah

Salah satu yang bisa menjadi penyebab lainya adalah oli tidak naik atau ada masalah dengan pompa oli tersebut. Kodisi seperti ini biasanya terjadi karena kendaraan jarang dipakai dan tidak pernah dilakukan pemanasan setiap hari. Hal ini membuat oli menjadi beku sehingga sulit untuk di pompa. Sebaiknya lakukan pemanasan pada mesin setiap hari  dengan waktu kurang lebih ¼ ajm dengan tujuan agar seluruh komponen mesin dapat bekerja setiap hari walupun tidak di pakai.

3. Bantalan Poros Engkol Sudah Aus

Penyebab lainya adalah terjadi masalah pada poros engkol atau crankshaft. Crankshaft adalah komponen yang berfungsi untuk mengubah naik turunya piston dengan Gerakan putarnya. Komponen ini juga ditemani dengan main bearing atau metal jalan yang bisa saja mengalami keausan karena lama pemakaian atau factor usia pakai. Jika komponen metal ini mengalami keausan tentu akan menimbulkan bunti klotok-klotok pada mesin.

4. Bearing Pompa Radiator Rusak

Salah satu yang menjadi penyebab lainya adalah terjadi kerusakan pada pompa radiator. Hal ini tetntu saja dapat terjadi karena bearing pompa rusak parah sehingga menimbulkan bunyi kemlotak pada bagian mesin. Seperti hal yang pernah saya alami. Mobil Daihatsu taruna saya pernah mengalami hal seperti ini terdengar suara klotak klotak pada bagian kap mesin, kemudian saya amati aa beberapa serpihan atau serbuk besi yang jatuh pada bagian bawah pompa air radiator. Setelah saya periksa ternyata benar bearing pompa mengalami kerusakan parah sehingga haru diganti dengan komponen yang baru.

5. Oli Tinggal Sedikit

Salah satu penyebab lainya adalah tanda tanda oli mesin akan habis, hal ini biasanya memberikan tanda pada suara mesin menjadi lebih kasar atau kemlotak. Sebaiknya periksa secara rutin ketika ingign berkendara dengan memperhatikan kondisi oli.

6. Bahan Bakar Bermasalah

Umumnya kendaraan mobil selalu direkomandisakn untuk melakukan pengisian bahan bakar dengan kualiatas yang baik. Hal ini bertujuan agar pembakaran yang terjadi diruang bakar menjadi lebih sempurna. Apabila bahan bakar tidak bagus maka akan memberikan efek pada pembakaran yang tidak sempurna sehingga membuat mesin mobil menjadi ngelitik atau engine knocking.


Itulah sedikit penjelasan mengenai masalah pada mesin yang mengeluarkan bunyi kloyok  klotok. Semoga informasi ini bermanfaat terimakasih  


Sumber Referensi: daihatsu.co.id dan mazyanto.com

Tidak ada komentar untuk "Kenali Penyebab Mesin Mobil Bunyi Klotok - Klotok atau Suara Kasar"

Berlangganan via Email