Penyebab Beserta Cara Memperbaiki Aki Mobil Tidak Mengisi atau Sudah Soak

Mazyanto.com – Penyebab Beserta cara memperbaiki aki mobil tidak bisa mengisi atau sudah soak. Nah jika kalian memiliki kendaraan tentu sudah tidak heran lagi dengan komponen yang satu ini. Yah salah satu komponen ini memiliki peranan penting juga di dalam dunia otomotif khususnya pada kendaraan mobil. Pasalnya aki merupakan salah satu komponen yang memiliki fungsi sebagai daya untuk menyimpan sebuah arus di dalam kendaraan. Dengan adanya aki tersebut arus dan kelistrikan pada kendaraan dapat bekerja dengan baik.

Penyebab Beserta Cara Memperbaiki Aki Mobil Tidak Mengisi atau Sudah Soak


Umumnya aki yang normal memiliki tegangan 12 volt baik itu dalam kondisi mobil menyala ataupun pada saat mobil tidak menyala. Dengan demikian barulah dapat dikatakan bahwa aki dalam kondisi baik karena memiliki ke stabilan saat atau sesudah atau bahkan saat sedang di gunakan.  Namun jika masalah nya tidak demikian atau aki terjadi kendala seperti terjadi penurunan tegangan itu artinya perlu dilakukan pengisian ulang kembali. 

Nah untuk melakukan pengisian ulang kembali pada aki maka diperlukan lah sebuah alternator. Pada sebuah kendaraan aki sudah dilengkapi dengan alternator yang memiliki tugas untuk menjaga agar tegangan pada aki tetap stabil pada angka 12 volt.

Namun ada beberapa kasus seperti kasus yang pernah saya sendiri alami yaitu aki tiba tiba drop atau melemah. Hal ini biasanya dapat terjadi karena beberapa masalah salah satunya aki mobil tidak mengisi. Hal ini terjadi karena beberapa penyabab. Untuk mengetahui lebih banyak apa saja yang menjadi penyebab aki mobil tidak mengisi, simak penjelasan dibawah ini:

Penyebab aki mobil tidak mengisi?

Dalam sebuah kendaraan sudah didesain dan di lengkapi dengan komponen komponen penunjang nya, salah satu nya seperti aki. Aki yang bagus akan bekerja dengan baik seperti saat pengisian maupun pengeluaran dan kestabilan tegangan. Untuk mengenai masalah tersebut biasanya yang menjadi biang masalah seperti dibawah ini:

1. Masalah Pada Alternator

Seperti pengalaman yang saya pernah alami sendiri mengenai aki tidak mengisi atau mengecas, ternyata terjadi kerusakan pada salah satu komponen di dalam alternator. nah hal inilah biasanya yang menjadi penyebab bermasalahnya batarai kendaraan.  Karena mengingat alternator merupakan salah satu komponen penting yang bekerja saat kendaraan sedang berjalan. Dengan begini tegangan aki akan tetap stabil sehingga kelistrikan pada kendaraan akan berjalan dengan normal. Namun jika alternator mengalami  masalah tentu akan berakibat pada kelistrikan karena tegangan aki menjadi tidak stabil. 

Sesuai pengalaman yang saya alami kemaren, lampu indicator batrai menyala sehingga membuat kelistrikan bermasalah dan bahkan mobil menjadi mogok. Setelah dianalisa dan diperbaiki ternyata terjadi masalah pada aisi alternator sehingga perlu dilakukan pergantian dengan komponen yang baru. Watu itu saya ganti alternator dengan harga 300 ribu untuk jenis kendaraan Daihatsu taruna tahun 2005.

Dinamo yang rusak biasanya memiliki ciri sebagai berikut:

1. Biasanya ketika kendaraan baru berjalan tidak terjadi masalah dapat ilihat dari lampu indicator, namun ketika sudah berjalan beberapa km terjadi masalah seperti lampu indicator hidup. Hal ini menunjukan bahwa terjadi masalah atau ada salah satu komponen yang rusak dan lemah.

2. Ciri berikutnya biasanya kendaraan terjadi mogok ditengah jalan ketika sedang berkendaran.

3. Pastikan bahwa aki benar benar dalam kondisi bagus

Sambungan pada kabel dynamo bermasalah

Hal lain yang bisa menjadi penyebab adalah terjadinya masalah pada sambungan kabel, seperti terjadi karatan pada salah satu soket ataupun kabel putus.  Untuk mengatasi hal ini bersihkan dan perbaiki kabel yang bermasalah.

2. Aki bermasalah atau Soak 

Masalah Yang terahir biasanya terjadi karena memang sudah terjadi kerusakan pada aki itu sendiri sehingga tidak dapat mengisi lagi. Untuk mengatasi masalah tersebut cukup ganti dengan aki yang baru.


Tidak ada komentar untuk "Penyebab Beserta Cara Memperbaiki Aki Mobil Tidak Mengisi atau Sudah Soak"