Pengertian, Fungsi dan Cara kerja Gardan Mobil

Mazyanto.com – Pengertian, fungsi beserta cara kerja gardan mobil.  Gardan merupakan salah satu komponen pada kendaraan yang memiliki peran penting. Kecepatan laju kendaraan dan arah gerak kendaraan di tentukan oleh gardan seperti Gerakan saat membelok yang menjadi pembedda antara roda belakang kanan dan kiri. 

Pengertian, Fungsi dan Cara kerja Gardan Mobil


Pengertian Gardan?

Secara umum gardan atau differential adalah Komponen utama kendaraan pada mobil yang gunanya untuk meneruskan tenaga mesin ke poros roda.  Jadi sudah bisa di mengerti bukan, tanpa gardan maka putaran tenaga dari mesin akan sia sia.  

Fungsi Gardan?

Jika secara umum gardan menerusakan tenaga dari mesin ke poros roda, maka fungsi utama differential atau gardan adalah yang menjadi pembeda antara putaran roda kanan dan putaran roda kiri kendaraan ketika sedang belok. Hal ini bertujuan agar ketika mobil dalam posisi belok kedua roda  tidak terjadi slip atau tergelincir.

 Cara kerja Gardan?

Secara umum gardan memiliki fungsi yaitu meneruskan tenaga dari mesin menuju ke poros roda, namun jika dikaji lagi gardan bekerja dengan dua mekanisme. Apa sajakah itu. Simak penjelasan dibawah ini:

Cara kerja gardan pada saat mobil berjalan lurus?

Jadi begini, ketika mobil dalam perjalan jalan lurus tanpa hambatan maka ke dua roda kanan dan kiri memiliki kecepatan putaran yang sama dan beban yang ditanggung roda pun sama. Artinya kedua roda memiliki putaran dan beban yang sama tidak ada bedanya. Dan dari sini putaran dari mesin yang diteruskan ke gardan melalui as kopel akan diteruskan untuk memutar drive pinion kemudian drive pinion ini akan memutar ring gear sehingga differential akan ikut berputar. Nah jika differential berputar maka pinion gear juga akan ikut berputar hal ini disebabkan karena memang differential case dengan dan pinion gear terhubung dengan pinion shaft. Hal ini terjadi karena karena beban roda kanan dan kiri memiliki beban yang sama pada saat jalan lurus sehingga pinion gear membawa side gear kanan dan kiri berputar dalam satu kesatuan.  Jadi dalam hal ini sebenarnya pinion gear hanya membawa side gear berputar Bersama differential case dengan laju dan putaran sama. Dan ahirnya roda akan bergerak melalui side gear.

Cara kerja gardan pada saat mobil belok?

Jika pada kasus pertama putaran dan beban kedua roda aladalah sama maka dalam kasus ini berbeda. Pada saat kondisi mobil belok maka yang menjadi tumpuan terberat adalah satu titik. Artinya roda bagian dalam lebih besar beban yang di tanggung dari pada roda bagian luar. Jadi dalam hal ini ring gear di putar oleh drive pinion kemudian diiferential diputar oleh ring gear lalu gear pinion digerakan oleh differential case melalui pinion shaft dan pinion gear memutar side gear roda kiri (yang lebih besar bebannya) sehingga membuat putaran roda kanan lebih besar dapipada roda kiri.

 Nah diatas sudah kita bahas bagaimana cara kerja gardan menurut alur dan cara kerjanya. Begitu besarnya peran gardan dalam proses laju kendaraan membuat kinerja kendaraan semakin baik. Penting nya gardan dalam kendaraan membuat kita harus memperhatikan dan merawatnya  agar kinerja dan performa gardan tetap dalam kondisi baik

Untuk mengetahui kapan harus dilakukan perawatan dan perbaikan pada gardan mobil maka sebaiknya kenali terlebih dahulu ganggnuan dan penyebab atau tanda tanda kerusakan pada differential atau gardan. Untuk mengetahui lebih lanjut bisa klik link diatas.


Tidak ada komentar untuk "Pengertian, Fungsi dan Cara kerja Gardan Mobil "