Penyebab dan Cara Mengatasi Oli Mesin Basahi Busi (Oli Naik KeBusi)

Mazyanto.com – Penyebab dan cara mengatasi oli mesin basahi busi. Pernakah kendaraan kalian mengalami kendala seperti busi basah karena oli. Jika pernah maka perlu di periksa ada apa dengan kendaraan kalian? Karena hal ini akan berbahya jika terus dibiarkan.

Penyebab dan Cara Mengatasi Oli Mesin Basahi Busi (Oli Naik KeBusi)


Umumnya pada kendaraan yang normal busi akan tetap kering dalam keadaan mati maupun posisi hidup jika dipakai, karena proses pembakaran yang normal tidak aka ada sisa baik itu kotoran atau pun kerak pada proses pembakaran terutama pada busi, karena busi merupakan komponen yang berfungsi untuk memercikan bunga api dari koil sehingga udara dan bahan bakar yang masuk melalui intake manifold akan terbakar secara sempurna.

Namun bagaimana jadinya jika tiba tiba busi basah terkena oli, hal ini tentu ada salah satu komponen yang bermasalah. Mengingat busi merupakan salah komponen yang paling berperan dalam proses terjadinya pembakaran.

Sebelum  melakukan pembahasan tentang cara mengatasi oli mesin naik kebusi atau basahi busi, ada baiknya kita kaji apa saja yang menjadi penyebab oli mesin bisa naik ke busi. Untuk itu simak penjelasan dibawah ini mengenai apa saja yang menjadi penyebab nya :

Penyebab Oli mesin naik ke Busi

1. Ring Piston Sudah Aus

Ring piston merupakan salah satu komponen  penting dalam proses terjadinya siklus kerja mesin, komponen ini memiliki tiga jenis masing masing memiliki fingsi yang berbeda pertama ring oli, ring kopresi satu dan ring kompresi dua. Komponen ini bisa saja aus karena terjadinya gesekan antara ring dengan diding silinder, karena hal inilah ring piston dan dinding silinder memiliki celah sehingga menyebabkan kompresi bocor dan oli naik ke busi.

2. Seal Katup bocor / rusak

Karet seal katup yang sudah rusak atau bocor bisa jadi menjadi penyebab busi terbasahi oli, karena oli akan di pompa ke kepala silinder untuk membasahi bagian kepala seilinder seperti noken as, payung klep dan komponen yang lainya. Jika seal katup bocor maka oli akan membasahi busi melalui poros klep.

3. Silinder Sudah Aus

Salah satu yang menjadi penyabab lainya adalah karena silinder sudah Aus, hal ini tentu akan membuat celah masuk nya oli dari mesin ke ruang bakar melalui celah silinder tersebut. Untuk itu ketahui lah jika silinder sudah bermasalah.

4. Gasket bocor atau sudah rusak

Yang menjadi penyebab lainya adalah karena gasket sudah rusak atau bocor, karena gasket ini merupakan salah satu komponen yang berfungsi untuk mencegah terjadinya kebocoran baik pada kompresi, gas pembakaran dan yang lainya.

Nah jika kalian sudah mengetahui penyebabnya maka dari sini bisa dianalisa dimana kerusakan nya dan bagaimana cara mengatasinya atau memperbaikinya.  

Untuk itu periksa dimana permasalahan nya yang terjadi seperti jika terjadi kebocoran pada gasket biasanya terjadi keluar oli pada selah gasket atau ada tekanan yang keluar, seperti jika kompresi aus maka tenaga akan hilang dan secara bersamaan pembakaran akan  tercampur oli sehingga mengakibatkan busi cepat mati. 

Cara mengatasi oli naik ke busi

Untuk mangatatasi hal tersebut yaitu segera ganti komponen yang rusak dengan komponen yang baru, jika hal ini tidak cepat diganti maka busi akan cepat mati dan oli mesin akan lebih cepat habis meskipun sering diganti. 

Untuk harga perbaikan sendiri setiap daerah berbeda beda tergantung bengkel tersebut, umum  nya untuk perbaikan daerah silinder dan kepala silinder biasanya berkisar 150 ribu hingga 200 ribu.


Terimakasih, semoga artikel ini bermanfaat


Tidak ada komentar untuk "Penyebab dan Cara Mengatasi Oli Mesin Basahi Busi (Oli Naik KeBusi)"