Penyebab dan Cara Memperbaiki Kaca Pintu Mobil (Power Window) Seret atau Bunyi saat naik turun

Penyebab dan mengatasi kaca pintu mobil (Power Window)  seret atau bunyi saat naik turun. Pernahkan kalian saat membawa penumpang atau membawa si doi kalian jalan jalan dengan kendaraan tiba tiba saat menurunkan kaca pintu mobil bunyi ciiiittttt keras sekali… wow malu nya bukan maen pasti, apalagi baru pertama jalan sama doi wkwk, niatnya mau gaya ehh malah ga bisa guyuu alias maluu hehe

cara mengatasi Kaca pintu mobil seret
Dudukan kaca pintu mobil patah


Tak hanya bunyi ciitt, pengalaman yang pernah saya alami adalah kaca pintu mobil susah diturunkan, saat itu ketika hujan lebat dan ac tidak terlalu dingin jadi kaca depan mengembun membuat pandangan semakin hilang, jadi saya harus mengelap kaca tersebut demi untuk bisa memperjelas jarak pandang.


Masalah kaca pintu seret atau bunyi ciiitt memang tidak bisa di pungkiri jika memang sudah melewati batas usia, apalagi ditambah jarangnya perawatan serta cuaca kurang baik. Tentu hal ini akan menyebabkan usia komponen semakin lemah atau mudah rusak.

Ini merupakan sebuah pengalaman dinama kaca pintu mobil bunyi ciit dan susah dinaikkan, rasanya sangat menjengkelkan pastinya, untuk  saya mencoba mengotak atik dengan sendirinya dan alhamdulilah sekarang kendaraan saya sudah normal kembali.


Untuk itu melalui artikel ini akan saya bagikan pengalaman yang pernah terjadi beserta bagaimana cara saya untuk mengatasi hal tersebut, karena mungkin dari teman-teman ada yang sama seperti apa yang pernah saya alami ini. 


Kaca seret atau bunyi pasti ada penyebab sehingga menyebabkan bunyi atau seret tersebut, untuk itu langkah pertama adalah dengan menganalisa permasalahan yang menjadi penyebab, jika sudah ketemu dari sini dapat diketahui permasalahan dan cara mengatasi nya.


Penyebab kaca pintu mobil Bunyi dan Susah naika turun (seret)

1. Karet list kaca jendela mobil rusak atau sudah mati

Salah satu yang menjadi penyebab adalah karet sudah mati atau rusak dan babhkan jika banyak kotoran pada bagian ini pun bisa menjadi penyebabnya .

2. Kawat seling rusak

Jika terjadi kerusakan pada bagian ini kemungkinan besar kaca sangat sulit untuk digunakan atau power window tidak akan berfungsi dengan baik.

3. Kotak saklar power window kotor

Karena sangking joroknya pemakainya bisa menyebabkan saklar power window kotor, hal ini tentu membuat saklar menjadi tidak akurat / terganggu saat ditekan

4. Dynamo power window lemah

Hal lainya yang membuat kaca susah naik turun adalah karena  lemahnya motor power window, sehinggal rpm nya pun rendah.


Cara mengatasi Pintu Mobil seret atau bunyi

1. Turunkan kaca pintu mobil

Hal pertama adalah dengan menurunkan kaca pintu mobil satu  persatu lalu periksa dengan teliti jika ada bunyi, dari mana sumber bunyi tersebut. Biasanya bunyi tersebut akibat dari adanya kotoran pada karet karet, bersihkan dengan menggunakan kuas atau sikat gigi, kemudian berikaan sedikit pelumas, sedikit saja ya. Karet yang kotor juga mempengaruhi laju naik turunya kaca pintu mobil.

2. Cek kondisi karet rel pintu Mobil

Periksa karet rel apakah dalam kodisi baik atau sudah mati, karena seringnya terkena hujan panas serta factor usia yang sudah tak layak tidak menutup kemungkinan kondisi karet mati atau bahkan rusak. Untuk itu lepas dan ganti dengan yang baru atau dengan cara mengakalinya jika tidak rusak yaitu dengan merebus karet tersebut lalu memasang kembali.

3. Bersihkan Karet rel dengan kuas/sikat

Penyebab dan Cara Memperbaiki Kaca Pintu Mobil (Power Window) Seret atau Bunyi saat naik turun
Membersihkan Karet dengan sikat dan sedikit pelumas


Jika hanya sekedar bunyi ciitt saja maka kalian bisa melakukan pembersihan di bagian sekitar karet rel dengan kuas sampai bersih

4. Semprotkan pelumas 

Cara lain adalah dengan memberikan sedikit pelumas pada sela-sela karet rel 


Nah itulah beberapa cara untuk mengatasi kaca pintu mobil yang macet atau bunyi ciitt, berdasarkan pengalaman yang pernah saya lakukan dan alhamdulilah berhasil.


Tidak ada komentar untuk "Penyebab dan Cara Memperbaiki Kaca Pintu Mobil (Power Window) Seret atau Bunyi saat naik turun"

Berlangganan via Email