Pengertian, Fungsi dan Jenis Peralatan Workshop Equipment Yang Sering Digunakan

Mazyanto. com – Pengertian, fungsi dan jenis - jenis peralatan workshop equipment. Halo mas bro, pernahkah kalian dengar kata kata workshop equipment. Mendengar kata workshop tentu tidak asing lagi di telinga para pelajar dan mahasiswa, namun tidak semua orang tau tentang workshop equipment. Karena Bahasa ini sangat jarang disebutkan di kalangan masyarakat biasa.

Pengertian, Fungsi dan Jenis Peralatan Workshop Equipment


Workshop equipment, Apa itu workshop equipment? Secara garis besar workshop dan equipment memiliki arti yang berbeda namun saling berkaitan. Workshop artinya bengkel sedangkan equipment artinya peralatan. Itulah mengapa workshop dan equipment saling berkesinambungan.

Pada dasarnya peralatan bengkel sering kita jumpai dalam kehidupan sehari hari, seperti contohnya kunci, tang dan lainya. Namun ternyata masih banyak peralatan peralatan yang belum di ketahui banyak orang di kalangan masyarakat.

Workshop equipment memiliki banyak jenis, semangkin banyak dan lengkap jenis jenis yang kita miliki tentu akan semakin besar pula modal yang harus di keluarkan untuk membelinya. 

Jika memiliki modal yang cukup banyak maka melengkapi segala jenis peralatan bengkel merupakan salah satu foktor yang menunjang keberhasilan dan keterampilan dalam proses membangun workshop.

Namun jika tidak memiliki modal tetapi memiliki keahlian di bidang nya, kalian bisa membuka workshop kecil kecilang dengan cara membeli peralatan seadanya terlebih dahulu. Seperti Kunci, tang, dan lainya  untuk membuka bengkel tambal ban mungkin. Dari usaha kecil inilah proses akan berjalan dan dari hal kecil ini ke depan bisa menambah peralatan peralatan lainya.

Peralatan bengkel (workshop equipment ) sangat penting dalam membangun usaha di bidang otomotif, pasalnya dunia otomotif yang semakin berkembang tentu memberikan kemudahan dan keamanan dalam melakukan perbaikan. Hal ini membuat jenis jenis peralatan workshop equipment harus kalian ketaui agar bisa menjadi pertimbangan jika ingin membuka usaha dibidangnya. Apa saja workshop equipment itu? Simak penjelasan dibawah ini:

Jenis jenis workshop equipment

1. Penembak Gemuk / Pet (Grease gun)

Komponen ini dalam Bahasa bengkel nama nya pet atau grease gun, yang fungsinya untuk memompa gemuk ke komponen yang akan di kasih gemuk. Biasanya komponen ini sangat dibutuhkan oleh pemilik bengkel mobil seperti mobil truk, fuso dan bahkan alat alat berat seperti bull dozer, exsapator dan alat alat lainya. Dengan adanya peralatan ini pekerjaan akan semakin mudah dan praktis.

2. Pompa Oli (Oil pump)

Bengkel mobil yang sudah besar atau bengkel resmi tentu memiliki alat ini, karena alat ini sangat penting yang di gunakan saat akan mengisi oli, seperti oli gardan dan oli transmisi.  Dengan menggunakan alat ini pekerjaan akan lebih cepat dan keamanan dalam bekerja akan lebih akurat.

3. Engine Crane 

Alat ini sangat berfungsi ketika ingin mengangkat bahan bahan yang berat seperti akan melakukan overhoul, mengangkat mesin mobil dari kerangka. Umumnya alat ini akan berguna ketika sedang melakukan perbaikan berat pada mobil truk, fuso dan lainya.  Engine crane berfungsi untuk mengangkat mesin kendaraan.

4. Penampung Oli

Yang ini pasti kalian tau, karena sesuai dengan Namanya penampung itu artinya tempat untuk menampung oli bekas yang sudah di pakai. Alat ini digunakan ketika akan melakukan pergantian oli.

5. Kompresor Udara

Ini merupakan peralatan yang sangat penting dalam membangun workshop, pasalnya alat ini sering kali digunakan  dalam kegiatan sehari hari seperti mengisi tekanan udara ban dan membersihkan komponen komponen lainya.  Alat ini berfungsi untuk menyimpan udara kemudian udara tersebut digunakan sesuai kebutuhan

6. Bangku Kerja

Bangku kerja atau working bench merupakan peralatan meja kerja yang terbuat dari besi yang berguna sebagai tempat meletakan komponen kendaraan seperti mesin mobil, gardan, transmisi, dan lainya.

7. Penekan Hydraulic

Hydraulic press adalah alat yang berfungsi untuk menekan suatu komponen / part agar dapat keluar atau terlepas. Alat ini sering di gunakan untuk melepas karet bushing bus kepak, karet karet suspensi yang susah dilepas.

8. Dudukan ( jack stand)

Alat ini berfungsi untuk menyangga atau menopang kerangka kendaraan ketika setelah di dongkrak. Setiap jack stand memiliki kapasitas beban berbeda beda, ada smaal kurang dari 3 ton, medium diantara 3 – 5 ton, heavy lebih dari 5 ton.

9. Dongkrak

Dongkrak berguna untuk mengangkat suatu komponen atau badan kendaraan agar sesuai dengan yang diinginkan. Biasanya alat ini digunakan ketika akan melakukan perbaikan kendaraan. Dongkrak memiliki kapasitas angkat yang berbeda beda diantaranya mulai dari 1 ton, 2 ton, 5 ton, bahkan 10 ton atau lebih.

10. Las Listrik

Alat ini di gunakan untuk menyambung komponen yang ingin disambung, namun dalam bengkel biasanya alat ini bisa di gunakan untuk membuka baut yang patah atau menyambung komponen yang putus.


Itulah beberapa perlatan dalam bengkel, sebenarnya masih banyak peralatan lagi seperti alat ukur dan yang lainya. Semoga informasi ini bermanfaat terimakasih.


Tidak ada komentar untuk "Pengertian, Fungsi dan Jenis Peralatan Workshop Equipment Yang Sering Digunakan"

Berlangganan via Email