Inilah Faktor Penyebab Kenapa Mesin Diesel Susah Hidup

Mazyanto.com -  Inilah penyebab mesin diesel susah di hidupkan.  Bagi kalain yang memiliki kendaraan  yang menggunakan bio diesel pasti sudah tidak canggung dengan permasalahan seperti ini, misalkan susah dihidupkan di pagi hari.  jika kalian baru pertama kali memakai mesin diesel tentu bingung, kenapa begini? Apa ada yang rusak? Pasti merasa was was dan bertanya tanya apa yang menjadi penyebabnya.

Inilah Faktor Penyebab Kenapa Mesin Diesel Susah Hidup


Sebelumnya menganalisis lebih lanjut ada baiknya kenali dulu perbedaan yang mendasar antara mesin susah hidup dengan susah starter, karena jika tidak diteliti dengan baik  starter Panjang bisa di sebabkan dari starter  itu sendiri dan juga dari factor mesin.

Umumnya kendaraan yang mengalami hal hal seperti ini memang sudah masuk usia lanjut, kemudian jarang nya melakukan perawatan pada kendaraan itu sendiri. Penting nya perawatan dalam suatu mesin tentu sangat mempengaruhi factor usia dan kenyamanan dalam pemakaian.

Kendaraan yang sering dilakukan perawatan mesin nya akan membuat performa tetap stabil dan tentu tidak akan banyak mengalamai masalah seperti mesin susah hidup dan yang lainya.

Namun kalian harus apa saja yang menjadi penyebab mesin diesel susah hidup, hal ini di rangkum dari berbagai sumber pengalaman dilapangan yang kemudian kami sajikan dalam bentuk artikel.

Inilah mengapa Mesin Diesel susah Hidup

1. Menurunnya tekanan injeksi bahan bakar

Tekanan bahan bakar dari injeksi terlalu rendah tentu akan membuat kendaraan mesin diesel sangat sulit untuk hidup, hal ini di sebabkan karena memang system pembakaran pada mesin diesel berbeda dengan bensin, jika bensin menggunakan api untuk membakar bahan bakar namun jika diesel hanya memerlukan tekanan tinggi untuk bisa terbakar di ruang bakar. Jadi sudah dipastikan jika hal ini terjadi maka mesin diesel akan sulit untuk dihidupkan.

2. Compression Pressure rendah

Penyebab utama yang paling fatal adalah tekanan kompresi rendah, karena hal ini sangat berperan penting dalam siklus pembakaran diruang bakar. Kenapa begitu? Karena memang syarat terbakarnya bakan bakar mesin diesel adalah bertekanan tinggi, dari tekanan tinggi inilah bahan bakar solar didalam ruang bakar akan terbakar dengan sendirinya. Berbeda dengan mesin bensin yang menggunakan percikan bunga api yang dihasilkan busi.

Itulah mengapa jika tekanan kompresi menurun maka campuran bahan bakar dan udara yang masuk ke ruang bakar akan sulit terbakar sehingga kendaraa akan susah hidup.

3. Anginan atau ada ruang udara di jalur bahan bakar

Permasalahn selanjutnya biasanya karena anginan pada saluran bahan bakar, hal ini bisa saja terjadi karena beberapa hal seperti :

- Karet Seal filter solar bocor

- Klep priming Pump bermasalah

- Jalur bahan bakar mengalami masalah

- Menggantu filter baru lupa membuang angin

Jika hal ini terjadi sudah pasti mesin akan susah hidup, karena pompa tidak bekerja dengan baik.

4. Filter solar kotor

Salah satu yang menjadi penyebab lainya adalah tersumbatnya filter solar karena kotoran, karena memang sudah tugas filter menyaring kotoran. Namun teralalu banyaknya kotoran yang disaring akan berakibat pada buntunya atau tersumbatnya saluran yang diterukan oleh filter menuju ruang bakar tersebut. Sehingga laju bahan bakar menjadi tidak lancer yang berakibat tekanan yang dihasilkan injeksi menjadi rendah.  

5. Turbocharger Bermasalah

Masalah ini bisa saja menjadi penyebab karena turbocharger menurun karena turbo vane tidak terbuka, hal ini akan berakibat pada tidak stabilnya tekanan udara. Dengan demikian mesin mejadi susah di hidupkan. Biasanya terjadi pada kendaraan yang sudah menggunakan turbo teknologi seperti SUV.


Nah itulah beberapa pengalaman yang bisa saja terjadi pada mesin diesel kemudian menyebabkan mesin akan sulit untuk di hidupkan.

Kesimpulan

Pentingnya perawatan pada mesin diesel seperti sering melakukan pergantian filter oli dan filter solar akan membuat mesin kendaraan lebih Panjang usia pakainya.


Tidak ada komentar untuk "Inilah Faktor Penyebab Kenapa Mesin Diesel Susah Hidup"

Berlangganan via Email