Inilah 5 Tanda Yang Muncul Ketika Kopling Mulai Habis (Aus)

Mazyanto.com -  Inilah 5 tanda yang muncul ketika kopling mulai habis atau haus. Kopling yang mulai habis atau sudah haus biasanya memberikan gejala atau tanda tanda baik itu dari mesin atau pun komponen yang lainya.

Inilah 5 Tanda Yang Muncul Ketika Kopling Mulai Habis (Aus)


Gejala gejala terhadinya kerusakan pada kopling atau kampas kopling  habis akan lebih terasa jika di pakai, baik dari segi perpindahan nya maupun saat menginjak pedal nya.

Kopling yang bagus akan memberikan efek perpindahan gigi yang halus, begitupun jika kopling yang sudah mulai haus tentu akan memberikan efek pada saat perpindahan gigi. 

Untuk mengenali dan mengetahui apakah kopling itu mulai habis atau tidak tentu kita harus jeli pada saat sedang memakainya. Rasakan pada saat perpindahan gigi dan pada saat menginjak pedal gas.  Jika terasa susah baik saat perpindahan maupun saat menginjak pedal, maka bisa terjadi kerusakan pada kampas kopling.

Untuk mengenali ciri ciri kampas kopling habis atau sudah haus atau sudah terjadinya tanda tanda  mulai rusak kalian bisa simak penjelasan di bawah ini, karena berdasarkan pengalaman yang pernah saya rasakan kampas kopling yang sudah habis biasanya terjadi seperti di bawah ini :

Ciri ciri kampas kopling sudah mulai habis

1. Akselerasi Mesin semakin melemah

Akselerasi lemah atau hilang nya tenaga ini merupakan salah satu yang menjadi penyebab terjadi tanda bahwa kampas kopling mobil haus atau sudah habis. Tanda ini dilihat ketika pertama melepas pedal kopling namun kendaraan hanya meraung tidak bergerak melaju dengan cepat atau seperti biasanya. Hal ini bisa terjadi karena :

1. Kuang nya perawatan pada kendaraan

2. Kurang mengerti cara pemakainya/ terlalu kasar

3. Usia pakai yang sudah lama

2. Kampas Kopling Gosong

Kampas kopling yang gosong tandanya sudah haus /  sudah hasib. Hal ini biasanya terjadi karena pemakain yang kurang hati hati seperti menginjak setengah kopling atau di menginjak setengah kopling saat di tanjakan. Cirinya berbau gosong atau berbaik menyengat seperti ban kebakar.

3. Sulit saat perpindahan Gigi

Ketika kampas kopling habis maka akan berakibat pada proses perpindahan gigi, karena pada saat putaran tinggi dari mesin kopling akan sulit untuk memutus putaran tersebut sehingga roda gigi transmisi sulit atau lebih keras di pindahkan.

4. Terjadinya kopling selip

Kopling yang slip terjadi karena kampas kopling sudah mulai habis / aus. Kondisi ini sangat rawan jika terus digunakan. Sebaiknya segera ganti dengan komponen yang baru.

5. Kopling Lebih pendek

Hal ini terjadi karena kampas kopling sudah menipis atau sudah aus. Biasanya ketika di injak kopling akan lebih pendek, atau lebih lembut selahnya. Sebaik nya segera lakukan perbaikan dengan cara mengganti kampas dengan yang baru. Untuk harga kampas koling sendiri berbeda beda, tergantung dinama tempat dan daerahnya.

  


Tips agar kopling tidak cepat habis.

Kopling merupakan komponen utama pada sebuah kendaraan yang berkaitan langsung dengan laju kendaraan, karena kopling ini sangat berpengaruh terhadap laju dan kecepatan, sehingga penting nya perawatan dan perbaikan secara berkala pada kendaraan sangat menunjang usia pakainya.  Untuk menjaga kopling agar tetap awet kalian bisa lakukan tips – tips seperti dibawah ini :

1. Cara Pemakain Yang Tempat

Sebelum menggunakan kendaraan, sebaik nya ketahui dahulu bagaimana cara menggunakan nya yang baik dan benar, seperti cara perpindahan gigi yang benar.

2. Hindari Mengijak Setengah Kopling

Hal ini biasanya dilakukan oleh driver pemula pada saat mendaki atau dalam posisi menanjak.

3. Menggantung di pedal Kopling

Hindari kaki mengijak di kopling pada saat di jalan normal / lurus.


Itulah sedikit tips agar kampas kopling lebih awet saat digunakan. Semoga artikel ini bermanfaat.


Tidak ada komentar untuk "Inilah 5 Tanda Yang Muncul Ketika Kopling Mulai Habis (Aus)"