Inilah 4 Tujuan Utama Pemeliharaan alat Ukur Bengkel (Workshop)

Mazyanto.com- Inilah tujuan Pemeliharaan alat ukur bengkel. Pemeliharaan merupakan salah satu langkah yang harus di lakukan oleh setiap peralatan, baik peralatan workshop atau pun peralatan yang lainya. Hal ini memiliki tujuan agar peralatan tetap awet dan akurat.

Inilah 4 Tujuan Utama Pemeliharaan alat Ukur Bengkel (Workshop)


Umumnya peralatan yang selalu dipakai akan rentan terhadap kerusakan, seperti terjadinya  ketidak akuratan dalam pengukuran sehingga membuat proses kinerja menjadi tidak presisi. 

Inilah salah satu mengapa pentingnya pemeliharaan peralatan bengkel yang  wajib dilakukan oleh setiap pemilik bengkel. Guna untuk menjada keakuaratan peralatan.

Setiap bengkel umumnya memiliki mekanisme pemeliharaan yang berbeda beda, seperti bengkel resmi perawatan dan pemeliharaan tentu sudah di jadwalkan. Dibandingkan dengan bengkel kaki lima tentu berbeda baik dari segi kelengkapan peralatan maupun jadwal pemeliharaan nya.

Melalui artikel ini mazyanto akan memberikan penjelasan lengkap tentang apa itu tujuan dari pemeliharaan alat ukur di bengkel. Untuk lebih lengkapnya simak penjelasan dibawah ini:


Inilah 5 Tujuan utama Pemeliharaan alat ukur bengkel yang wajib diketahui:

1. Usia pakai alat ukur semakin Panjang

Penting nya pemeliharaan peralatan alat ukur bengkel sangat berpengaruh terhadap usia pakai alat itu sendiri, baik dari segi pemakain ataupun keakuratan.  Dengan melakukan pemeliharaan secara rutin kegiatan produktifitas di bengkel akan berjalan dengan baik tanpa ada kendala. Namun jika pemeliharaan tidak dilakukan maka akan berdampak pada alat ukur yang mudah rusak dan menjadi tidak akurat lagi sehingga membuat pengukuran tidak presisi lagi.

2. Agar Alat ukur selalu siap ketika digunakan

Dengan melakukan pemeliharaan secara rutin maka alat ukur selalu siap ketika akan digunakan, baik dalam keadaan mendesak pun. Hal ini karena alat benar benar sudah di kalibrasi ke akuratan nya.

3. Keselamatan Lebih Terjaga

Tujuan dari pada pemeliharaan  alat ukur adalah untuk menjamin keselamatan dalam bekrja, dengan sering melakukan pemeliharaan pada alat ukur  seperti pembersihan, penyetelan, dan pengujian alat menjadi lebih akurat. 

Serta kesalamatan dan keamanan dalam bekerja tetap terjaga  sehingga efisiensi waktu dan tidak terjadi kerusakan pada alat tersebut.

4. Kesiapan dalam posisi mendadak

Terkadang kita tidak tau kapan ada perbaikan, dalam situasi mendadak tentu akan membingunkan jika tidak adanya persiapan sebelumnya. Ini salah satu gunanya Persiapan yang harus dilakukan ketika mengalami situasi seperti ini.  Hal ini sangat dibutuhkan pentingnya pemeliharaan dan perawatan pada peralatan alat ukur bengkel yang harus dilaksanakan.


Bagaimana jika pemeliharaan tidak dilakukan, dalam posisi mendadak seperti ini tentu membuat kalang kabut bukan, untuk itu lakukanlah perawatan secara rutin agar kondidi dan kesiapan alat tersebut selalu siap.


Kesimpulan

Dari artikel di atas dapat di ambil kesimpulan bahwa pemeliharaan dan perawatan alat ukur itu sangat penting demi menunjang produktifitas serta usia pakai alat itu sendiri. Umumnya unutk menjaga agar alat awet dan presisi maka perawatan secara rutin harus dilakukan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. 





Tidak ada komentar untuk "Inilah 4 Tujuan Utama Pemeliharaan alat Ukur Bengkel (Workshop)"

Berlangganan via Email