Inilah 20 Jenis Special Service Tools Beserta Fungsinya (Makalah Lengkap)

Mazyanto.com – Jenis special service tools beserta fungsinya. Special service tool ( SST ) merupakan peralatan yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan service kendaraan di bengkel agar pekerjaan dapat selesai dengan cepat tanpa merusak komponen yang di bongkar. Pentingnya peralatan ini sangat membatu para mekanik dalam menangani kasus kasus berat yang ada di bengkel.

Inilah 20 Jenis Special Service Tools  Beserta Fungsinya (Makalah Lengkap)


Peralatan jenis ini yang sering kita jumpai di bengkel biasanya seperti salah satunya tracker magnet, karena jika kita membuka magnet dengan cara pukul maka akan menyebebkan kerusakan pada komponen yang lainya namun jika menggunakan tracker tersebut pekerjaan akan lebih efisien dan cepat.

Cara penggunaan peralatan ini pun sangat mudah dimengerti, karena setiap alat memiliki petunjuk masing masing seperti penggunaan tracker magnet ini kita hanya memasang tracker pada ujung ulir poros crankshaff sampai benar benar kuat / kencang kemuadian putar baut tracker hingga posisi magnet keluar.

Pentingnya peralatan special service tools ini sangat mempermudah pekerjaan mekanik seperti membongkar komponen komponen kendaraan kemudian mengkalibrasi komponen kendaraan agar lebih presisi dan yang lainya.

Peralatan special service tools memiliki banyak jenis dengan berbagai fungsi serta kegunaanya,  masing masing peralatan tentu memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda, untuk mengetahui jenis jenis special service tools (SST) lebih lengkapnya bisa kalian simak penjelasan di bawah ini:


Inilah jenis jenis special service tools beserta fungsinya lengkap

1. Bearing puller attachment

Alat ini merupakan peralatan yang digunakan untuk melepas /  menarik bantalan yang posisinya sulit di jangkau. Bantalan ini di pasang dengan posisi yang benar kemudian keraskan baut pengikat bearing spiter hingga bantalan keluar dari tempatnya. Dengan menggunakan peralatan ini secara langsung pekerjaan akan lebih mudah dan efisien.

2. Puler perapat oli

Alat ini berfungsi untuk melepas perapat oli pada transmisi, poros properler shaf, alat ini sengaja di desain untuk mengerluarkan perapat oli.

3. Pulerr bantalan Pilot

Alat ini berfungsi untuk menarik bearing atau mengeluarkan bearing dari tempatnya, yang biasanya susah jika harus dilepas dengan peralatan manual.

4. Tracker Bearing

Alat ini  memiliki fungsi mempermudah pemasangan bearing ataupun pelepasan bearing tanpa melakukan pemukulan pada bearing tersebut,  pada dasarnya bearing ini memiliki prinsip kerja menarik komponen komponen dari dalam mesin seperti menarik magnet.

5. Tracker Pulley

Alat ini memiliki fungsi untuk menahan benda agar tidak geser atau goyang saat dilepas, seperti menahan sprocket mesin dan yang lainya. Tracker jenis ini memang di desain unutk menahan sehingga kita bisa mengecangkan atau melepas komponen yang kita lepas.

6. Chain Breaker Removal

Alat pemotong rantai kendaraan ini sangat mudah digunakan saat memotong rantai jika kodisi rantai sudah sangat kendur. Penggunaan alat ini pun sangat mudah dan praktis.

7. Clutch aligning tool

Alat ini digunaka ketika pemasangan kapas untuk memposisikan kanpas agar di posisi tengah sebelu plat penekan dikkencangkan. Hal ini bertujuan agar pemasangan transmisi akan lebih mudah masuk ketika dipasang.

8. Sliding Hammer

Alat ini digunakan untuk melepas komponen yang sulit dijangkau untuk di pukul, dengan bantuan alat ini tentu akan mempermudah proses pelepasannya.

9. Piston ring kompresor

Alat ini sangat berfungsi ketika seddang melakukan pemasangan piston yang gunanya untuk mengepres ring piston agar piston mudah masuk ke silinder. Dengan bantuan alat ini piston aakan lebih aman ketika dimasukan ke dalam silinder tanpa menggangu komponen yang lainya.

10. Tang Ring Expander

Alat ini digunakan untuk melepas maupun memasang ring piston agar piston tidak tergores ataupun rusak.

11. Valve spring kompresor

Alat ini digunakan untuk melepas maupun memasang pengunci pegas katup atau kelep kendaraan atau dalam Bahasa bengkel nya sepi/kuku macan.

12. Koil spring kompresor

Alat ini berfungsi unutk mengepres atau menekan pegas sok / per agar mudah saat melepas dan memasang nya kembali.

13. Tracker bal joint

Alat ini digunakan untuk melepas ball joint kendaraan dari dudukan.

14. Disc brake piston kompresor

Alat ini digunakan untuk menekan piston kaliper pada rem cakram saat proses pemasangan.

15. Tie rod remover

Alat ini digunakan untuk melepas tie rod mobil.

16. Oil filter remover

Alat ini digunakan untuk membuka filter oli mobil atau pun filter solar.

17. Obeng ketok

Alat ini digunakan untuk membuka mur yang keras atau susah dibuka menggunakan obeng biasa.

18. Diferential flange holder

Alat ini digunakan untuk menahan flange pinion agar tidak ikut berputar ketika dilepas.

19. Clamp-G

Alat ini digunakan untuk menahan klem bena kerja agar posisi benda tidak berubah ukuran.

20. Fixed C Spanner

Alat ini digunakan untuk memasang spanner nut, cylinder rod dan sejenisnya.


Itulah beberapa jenis alat special service tools yang sering digunakan di bengkel resmi. Adapun peralatan yang lain yang belum disebutkan, namun dari penjelasan diatas merupakan komonen yang sering dipakai atau dijumpai.


Tidak ada komentar untuk "Inilah 20 Jenis Special Service Tools Beserta Fungsinya (Makalah Lengkap)"