Faktor Penyebab dan Cara Memperbaiki Kopling Mobil Bunyi saat Di injak

Mazyanto.com- Penyebab dan cara memperbaiki kopling mobil bunyi saat di injak. Kenyamanan dalam berkendara adalah salah satu hal yang di inginkan setiap orang, apalagi jika ingin bepergian jauh, nyaman dalam berkendaran sangat mempengaruhi waktu dan proses dalam perjalanan.

Untuk menjaga keamanan dan kenyamanan dalam berkendaraa tentu kita harus memperhatikan komponen kompone yang sudah mulai melemah atau mulai terjadinya  kerusakan.

Faktor Penyebab dan Cara Memperbaiki Kopling Mobil Bunyi saat Di injak


Sebagai contoh salah satu kasus yang pernah saya alami adalah pada kopling, yaitu bunyi ketika di tekan atau di injak. Hal ini tentu sangat membuat driver sangat tidak nyaman, di samping kawatir terjadi apa apa   hal ini meresahkan penumpang juga.

Untuk itu lakukan pemeriksaan pada saat kalian akan berkendara baik itu jauh atau pun hanya sebentar. 

Kopling yang bunyi saat di injak merupakan salah satu ciri tanda terjadinya kerusakan pada salah satu komponen.   komponen tersebut rusak di karenakan banyak factor. Biasanya  saat pedal di injak akan mengeluarkan bunyi ciitt seperti terjadinya gesekan.

Melalui artikel ini mazyanto akan memberikan sedikit pengalaman yang pernah di alami saat berkendara kopling mengeluarkan bunyi saat di injak pedal.  Karena Kopling merupakan komponen yang selalu berkaitan saat berkendara, pasalnya dari kopling inilah perpindahan gigi dapat berjalan dengan baik dan sempurna. Tanpa adanya kopling perpindahan gigi tidak akan terjadi dengan baik.

Kopling yang bunyi saat di injak ternyata terpengaruh oleh beberapa factor, 

Inilah Faktor yang menjadi Penyebab kopling Bunyi saat di injak :

1. Terjadi Kerusakan Pada Release Bearing

Salah satu factor yang menjadi penyebab kopling bunyi saat di injak adalah terjadi kerusakan pada release bearing, komponen ini bisa saja rusak ataupun Aus karena memiliki fungsi sebagai penghubung release fork dengan unit kopling yang sedang berputar. Komponen ini sering terjadi kerusakan atupun keausan pasalnya kualitas material dan usia pakai yang terlalu lama sehingga menimbulkan masalah. Ketika komponen ini sudah aus atau rusak tentu akan berdampak bunyi ketika pedal kopling di injak. Untuk mengatasi masalah ini adalah dengan cara melakukan pergantian komponen baru.

2. Plat penekan koling bermasalah

Komponen yang rusak lainya adalah terjadi kebengkokan pada plat penekan, karena memang komponen ini sangat tipis, jika sudah terjadi kebengkokan hal yang harus dilakukan adalah dengan melakukan pergantian komponen dengan yang baru.

3. Mekanisme penggerak pada kopling bermasalah

Kopling yang bunyi saat di injak bisa saja terjadi karena keringnya mekanisme penggerak pada kopling, biasanya pada bagian engselnya, untuk itu lakukan penyemprotan dengan cairan pelumas di bagian engsel.

4. Sambungan master kopling atas dengan pedal kopling bermasalah

Factor yang menjadi penyebab lainya adalah karena pin penghubung antara batang pendorong master kopling terhadap pedal kopling tersebut sudah mulai aus sehingga berakibat  posisi pin tidak lagi bekerja dengan baik dan menimbulkan bunyi. Biasanya jika masalah ini terjadi akan memberikan efek suara krek dan sedikit berdecitt. Untuk itu lakukan perawatan dengan cara memberikan pelumas.

Kopling merupakan komponen utama yang berguna untuk memutus dan menyambung putaran mesin menuju transmisi, jika terjadi masalah seperti bunyi saat di injak maka komponen komponen di atas bisa saja salah satu yang menjadi penyebab nya. Untuk itu lakukan lah perawatan secara rutin dan pemeriksaan setiap kali akan berkendara. Hal ini bertujuan untuk mengetahui jika terjadi indikasi kerusakan pada salah satu komponen.

Kesimpulan

Perawatan Kopling perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan kerusakan pada salah satu komponen, dengan melakukan perawatan tentu kita tahu komponen yang lemah dan layak untuk dipakai.

Terimakasih sudah berkunjung semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar untuk "Faktor Penyebab dan Cara Memperbaiki Kopling Mobil Bunyi saat Di injak"