Cara Kerja dan Komponen Kopling Mobil Beserta Syarat Yang Harus Dimilikinya

Mazyanto.com- Penjelasan cara kerja kopling mobil beserta komponen nya.  Kopling pada kendaraan merupakan bagian penting yang berfungsi untuk memutus dan menyambung putaran dari mesin menuju ke tranmisi.  Komponen ini menghubungkan anatara Poros engkol atau crankshaff dengan poros transmisi.

Umumnya setiap kendaraan memiliki prinsip dan cara kerja yang sama, hanya saja berbeda sedikit pada bentuk dan ukuran komponen nya saja, komponen yang bagus akan berdampak pada usia pakai yang lebih lama begitupu  juga sebaliknya.

Cara Kerja dan Komponen Kopling Mobil Beserta Syarat Yang Harus Dimilikinya
Kopling 


Hampir setiap seluruh kendaraan yang menggunakan mesin umumnya kopling merupakan sebuah komponen yang penting di dalam nya untuk mengatur laju dari kendaraan tersebut. Jadi sudah tidak asing lagi bukan jika berbicara tentang kopling, karena memang kopling sangat umum.

Apa Fungsi Kopling?

Jika berbicara soal kopling, sebenarnya apa sih fungsi kopling ? nah jadi kopling itu merupakan komponen utama yang berpengaruh terhadap laju kendaraan tersebut, jadi secara mekanik kopling berfungsi Memutus dan Menyambung Putaran dari mesin kemudian di teruskan ke Poros Transmisi itu sendiri. Jadi peran kopling ini sendiri sangat besar ya dalam kendaraan.

Bagaimana jika kopling di tiadakan? Wahh kira kira apa yang terjadi ya, bayangin aja mesin kendaraan kalian tidak ada kopling nya, jadi apa yak hehe. Kopling itu komponen penting ya, si pembuat sudah menghitung dan merencanakan dengan matang dalam merancang serta mendesain sebuah mesin kendaraan.

Agar kopling dapat digunakan ada beberapa syarat yang harus di miliki

 inilah 3 syarat yang harus dimiliki Oleh kopling:

1. Kopling layak untuk memutus dan menyaambungkan putaran dari mesin ke transmisi dengan aman atau bertahap.

2. Tidak terjadi slep saat perpindahan tenaga mesin menuju transmisi

3. Kopling dapat bekerja dengan baik saat proses memutus dan menyambung Putaran mesin.

Nah itulah ke tiga syarat utama yang harus dimiliki oleh kopling.

Komponen-komponen kopling

Kopling tidak bekerja dengan sendiri tentu ada ada yang membantu nya, lalu komponen komponen apa saja yang ada di dalam kopling, serta apa saja fungsi dari komponen tersebut. Simak penjelasan dibawah ini untuk mengetahuinya:

9 Komponen dan bagian Utama Kopling

1. Pedal Kopling

Kalian tau pedal bukan, iyaa tempat pancalan atau injakan, jadi disini ketika pedal di pancal maka kopling secara bertahab akan berkerja, begitupun sebaliknya

2. Master kopling atas (master clutch)

Master kopling ini meneruskan kerja dari pedal tersebut, dengan cara merubah nya menjadi tekanan hidrolik.

3. Master Kopling bawah

Komponen ini bertugas melanjutkan jerja kopling atas dengan cara mengubah tekanan hidrolik  dari atas menjadi gerak mekanis.

4. Sendok Kopling (Release fork)

Komponen ini mendorong release  bearing agar menempel kemudian menekan clutch cover plste

5. Release bearing

Komponen ini akan menekan clutch cover plate

6. Penutup kopling

7. Komponen ini berguna untuk menekan clutch disc agar putaran dari mesin dapat dialurkan ke clutch disc transmisi.

8. Plat Kopling (clutch disc)

Komponen ini berfungsi sebagai tumpuan untuk memutus dan menyambung putaran dari mesin ke transmisi.

9. Roda Gila

Komponen ini berguna untuk meneruskan putaran mesin  serta sebagai dudukan kopling

Nah itu 9 komponen pada kopling yang selama ini kita gunakan dalam berkendara sehari-hari. Setelah sudah mengetahui komponen kopling selanjutnya adalah bagaimana cara kerja kopling itu snediri?

Cara kerja kopling mobil

Banyak orang memiliki kendaraan mobil namun belum tentu ia mengetahui bagaimana cara kerjanya, nah berikut ini adalah penjelasan tentang bagaimana cara kerja kopling itu sendiri?

Secara garis besar kopling itu memutus dan menyambung, namun jika kita kaji lebih dalam lagi ternyata seperti ini prosesnya:

“ Orang yang mengemudi – Pedal kopling – master koling atas – master kopling bawah – release fork – release bearing – penutup kopling – kampas kopling – roda gila – input shaft – transmisi”

Jadi ketika pedal kopling di injak, maka putaran mesin menuju transmisi akan terputus, sehingga tidak ada putaran yang diteruskan ketransmisi. Kemudian release bearing bekerja menekan pegas clutch cover sehingga plat penekan di dalam clutch cover terangkat tidak menekan clutch disc lagi.


Jadi begitulah cara kerja kopling mobil Yang kita gunakan sehari-hari, semoga informasi ini bermanfaat


Tidak ada komentar untuk "Cara Kerja dan Komponen Kopling Mobil Beserta Syarat Yang Harus Dimilikinya"