Cara Memperbaiki Tutup Tangki Motor Vixion Rusak, Macet atau Los Dol

 Mazyanto.com- Cara memperbaiki tutup tangki motor vixion rusak, macet atau los dol.

Baiklah teman-teman di sini saya akan sedikit berbagi pengalaman yang sangat mengesankan dan juga memalukan, apa itu. Ini dia ceritannya.

Cara Memperbaiki Tutup Tangki Motor Vixion Rusak, Macet atau Los Dol


Jadi saya punya motor vixion tahun 2012, motor ini sudah hamper 4 tahun dipakai dan selama pemakain hingga saat ini sangat jarang melakukan perawatan baik itu engine atau komponen yang lainya, karena memang kendaraan ini sangat jarang dipakai jalan jauh. Jadi sangking sangat jarang nya dirawat suatu ketika jalan mampirlah ke sebuah Pom bensin  dan ingin membeli bahan bakar ketika sudah mengantri Panjang setibanya waktunya pengisian tanpa fikir Panjang langsung membuka tangka,, namun hal yang sangat tidak diinginkan terjadi tiba-tiba tangka macet susah dibuka, ketika saya paksa apa yang terjadi ternyata kunci kontak patah.  Setelah melewati antrian yang Panjang eh malah harus mudur karena hal yang seharusnya tidak terjadi. Jadi dari sini dapat diambil kesimpulan bahwa penting perawatan pada kendaraan itu menunjang kegiatan yang akan kita lakukan serta kenyamanan ya bro.

Berbicara soal tangka, sebenernya apa sih itu tangka dan tutup tangka. Nah Tangki pada umumnya merupakan wadah tempat penyipanan sesuatu cairan atau liquid, sedangkan tutup tangki itu sendiri merupakan alat yang digunakan untuk mengunci agar cairan atau liquid tidak keluar.  Tangki memeliki bentuk dan ukuran yang berbeda beda sesuai dengan kebutuhan dan pemakaian nya.

Fungsi tangka adalah untuk menyimpan cairan atau liquid sedangkan fungsi tutup tangki adalah untuk menguci atau menutup cairan atau liquid itu sendiri, jadi sudah paham ya bro. hehe

Masalah-masalah yang biasa terjadi pada tutup tangki kendaraan seperti motor vixion yaitu:

Tutup tangki tidak bisa dibuka

Tutup tangki tidak bisa ditutup/dikunci kembali

Tutup tangki Dol atau Loss

Lalu factor-faktor apa saja yang menyebabkan tutup tangki rusak 

Pertama sering terkena air hujan dan panas panasan

Dimusim penghujan seperti saat ini memang tidak bisa dipungkiri jika kendaraan terkena hujan panas, tapi tahukah kalian jika Air hujan dan panas  sangat sensitive terhadap besi, jika sering terkena air maka besi akan lebih mudah berkarat dan lama-lama akan rusak. Oleh sebab itu hindari dari air hujan dan panas yang berlebihan.

Kedua Tangki Motor sering terkena debu atau kotoran

Debu Memang tidak memberikan efek kerusakan secara langsung, namun secara bertahap jika tidak sering melakukan perawatan maka hal itu akan membuat tutup tangki macet atau rusak.

Kurang hati-hati saat pemakainnya.

Terkadang ketika kita sedang dalam keadaan tergesa gesa apapun yang kita lakukan menjadi tidak terkendali, hal inilah yang bisa menyebabkan alat yang dipakai akan lebih cepat usia pakainya.

Usia yang sudah lama

Kurangnya perawatan serta usia pakai suatu alat membuat lemahnya yang  berujung pada kerusakan, jadi setiap alat ada masa pakai dan perawatan berkala yang harus dilakukan.

Perawatan Tutup Tangki yang harus dilakukan agar awet 

Prenventif merupakan suatu tindakan yang harus dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan. Untuk itu agar tutup tangki lebih awet usia pakainya maka harus dilakukan perawatan sebagai berikut:

1. Berikanlah pelumas pada lubang tutup tangki dengan cara mencelupkan kunci lalu dimasukan, namun jangan terlalu banyak juga ya, karena jika terlalu banyak akan berpengarug terhadap tangki itu sendiri, minimal jika sudah serasa kering baru berikan pelumas.

2. Jangan terlalu sering terkena air hujan, panas atau lubang tutup tangki terkena air.

3. Buka  tutup tangki dengan cara menekan secara pelan-pelan.

4. Bongkar Tutup tangki kiranya sudah  susah dibuka.


Memperbaiki Tutup Tangki Macet.

Cara memperbaiki tutup tangki yang macet adalah dengan cara membongkar bagian kepala tutup tangki, lalu lakukan pemeriksaan karena biasanya ada penumpukan karat pada bagian dalam tutup tangki.

Cara Memperbaiki Tutup Tangki Motor Vixion Rusak, Macet atau Los Dol


Tutup tangki tidak bisa ditutup/dikunci kembali

Cara memperbaiki tutup tangki tidak bisa ditutup /dikunci kembali, biasanya hal ini disebabkan karena per patah sehingga sepi pengancing tidak bekerja dengan baik. Bongkar lalu ganti dengan per yang baru.

Cara memperbaiki tutup tangki tidak bisa dibuka

Berdasarkan pengalaman saya, tutup tangki tidak bisa dibuka atau sangat sulit dibuka ada beberapa  hal, 

1. pertama terjadi karatan bagian dalam tutup tangki 

2. Per karatan atau patah

3. Pen sepi pengunci sudah haus

4. Pada lubang kunci banyak debu atau kotoran yang menyumbat.

Solusinya adalah lakukan pembongkaran agar tau komponen mana yang bermasalah.

Memperbaiki Tutup Tangki Los atau Dol

Cara memperbaiki nya dengan cara membuka 2 mur pada bagian tutup tangki, lalu cek pada bagian pernya, karena biasanya hal ini disebabkan karena per sudah berkarat atau sudah lemah.

Kesimpulan

Dari pengalaman diatas dapat diambil kesimpulan bahwa sering-sering lah lakukan perawatan pada kenadaraan dan hindari dari panas dan hujan untuk memberikan masa pakai yang lebih lama sehingga akan mengurangi biaya yang lebih sedikit.


Tidak ada komentar untuk "Cara Memperbaiki Tutup Tangki Motor Vixion Rusak, Macet atau Los Dol"

Berlangganan via Email