Keluhan Dan Permasalahan Mobil Daihatsu Taruna Efi

Mazyanto.com- Keluhan dan permasalahan mobil Daihatsu taruna efi. Jika pada artikel sebelumnya sudah kita bahas mengenai cara mengatasi mobil Daihatsu taruna mogok, berebet atau pincang, maka kali ini akan membahas apa saja sih keluhan dan permasalahan yang sering terjadi pada kendaraan Daihatsu taruna efi.
Keluhan Dan Permasalahan serta solusi Mobil Daihatsu Taruna Efi

Nah, kita tahu produk Daihatsu taruna ini memang memiliki penampilan yang elegan, walaupun mobil ini tergolong mobil tua, namun nilai estetika nya tidak pudar. Apalagi jika pemilik nya suka memodifikasi, pastinya tambah gahar penampilan nya.

Berbicara Daihatsu taruna memang tidak ada habis nya, selain penampilannya yang mengusung zaman old dan zaman modern dari segi pemakain nya pun masih nyaman sampai saat ini.

Berdasarkan pengalaman saya ada beberapa Keluhan dan Permasalahan pada Daihatsu taruna efi. 

Daihat taruna fgx Efi tahun 2005 oxyy. ini lah kendaraan yang saya pakai dari tahun 2016 sampai saat artikel ini diterbitkan. Banyak pengalaman dan permasalahan yang sering terjadi pada kendaraan ini. Melalui artikel ini akan saya bagikan apa saja keluhan dan trouble yang sering terjadi: 

1. Permasalahan mesin pincang.
a. Masalah pada Busi.
Mesin pincang bisa di akibatkan dari bermasalah nya busi. Seperti busi kotor atau pun ada salah satu busi yang mati. 

Untuk mengecek ke 4  busi yang mati pada kendaraan cukup mudah:

cara nya cukup cabut salah satu kabel busi pada penutup busi dan lihat reaksi mesin setelah di cabut, apakah ada perubahan pada suara mesin atau tetap. Jika suara mesin/rpm menurun pada saat penutup busi di cabut, maka artinya busi dalam kondisi normal. Kenapa begitu? Karena busi tersebut masih bekerja atau masih memercikan bunga api sehingga saat di cabut penutup kabel busi maka rpm akan menurun atau bahkan mesin akan mati.  Lalu bagaimana jika busi mati?. Dalam kondisi mesin masih hidup dan pincang apabila kabel penutup busi atau penghubung busi di cabut dan reaksi mesin tidak ada perubahan maka sudah dipastikan busi anda mati. 

Langkah selanjutnya ganti busi anda dengan busi yang baru. Untuk harga busi kendaraan roda 4  sendiri berkisar 25000 rupiah. 

b.  Kabel Busi Bocor.
    Kabel busi bocor akan berakibat pincang nya kendaraan, ciri nya jika di gas mesin akan brebet-brebet. Segera cek apakah kabel busi bocor atau tidak. Perhatikan dengan cermat dimana letak kebocoran, periksa kabel satu persatu dari ke empat busi tersebut.

C.  Masalah Pada Coil
    Daihatsu taruna terkenal dengan Coil yang sering mati,  apabila ada salah satu coil mati maka mesin akan pincang atau brebet dalam kondisi idle.  Selain itu mesin akan mendadak mati jika mesin terlalu panas. 

Untuk mengeceknya, Mesin dalam kondisi hidup cabut kabel penghubung antara coil dan busi pastikan koil sudah tidak terhubung lagi dengan busi. Lalu perhatikan Rpm mesin jika ada perubahan pada rpm mesin maka kondisi coil dipastikan masih bagus. Namun jika sebaliknya rpm mesin tetap, tidak ada perubahan maka bisa dipastikan kodisi coil sudah mati.

D. Masalah pada pembakaran.
Pembakaran pada mesin kendaraan roda empat memang sangat rentan.  Pasalnya apabila ada masalah pada pembakaran maka rpm mesin tidak akan stabil atau akan pincang. Apa saja permasalahan pada pembakaran. Simak penjelasan dibawah ini:

  1. Filter Bahan Bakar Kotor
Tangki yang kotor akan membuat filter bahan bakar menjadi kotor sehingga debit bahan bakar yang melaju ke ruang bakar akan menjadi terhambat. Hal ini akan membuat performa mesin menurun dan berakibat mesin pincang.  Solusi nya ganti filter dengan unit yang baru.

2. Tangki Bahan Bakar Kotor.
Tangki bahan bakar yang kotor akan membuat  umur pompa bahan bakar menjadi pendek atau cepat rusak. Hal ini disebabkan oleh kotoran yang menyumbat pada pompa tersebut.  Solusinya lakukan perawatan secara rutin dengan cara sering membersihkan tangki bahan bakar.

3. Pompa Bahan Bakar Lemah.
Mesin pincang saat akselerasi atau dalam kodisi idle dapat disebabkan oleh lemah nya atau memang pompa bahan bakar sudah mati. Cek kondisi pompa, lihat debit yang dikeluarkan pompa. Jika sudah lemah maka segera ganti dengan yang baru.


Keluhan selanjutnya yang sering terjadi adalah permasalahan pada kaki kaki. Hal ini tentu sudah wajar karena memang taruna sendiri sudah berumur.  

Nah itulah keluhan dan permasalahan pada Daihatsu taruna berdasarkan pengalaman.


Tidak ada komentar untuk "Keluhan Dan Permasalahan Mobil Daihatsu Taruna Efi"

Berlangganan via Email