Penyebab dan Cara Memperbaiki Kaca Pintu Mobil Macet, Rusak dan Konslet

Mazyanto.com- Penyebab dan cara memperbaiki kaca pintu mobil macet agar kembali normal. Bagaimana perasaan Anda ketika sedang dalam perjalanan tiba-tiba kaca pintu mobil macet, tentu sangat menjengkelkan bukan, apalagi ditambah hujan yang lebat. Pastinya tambah jengkel donk
Penyebab dan Cara Memperbaiki Kaca Pintu Mobil Macet, Rusak dan Konslet
Perbaikan Kaca Pintu Mobil

Kaca pintu mobil macet.
Jika membahas pintu mobil yang macet maka banyak permasalahan-permasalahan yang harus di cek dan diperiksa. Selain melakukan pemeriksaan kita juga harus tau apa penyebab nya dan bagaimana cara memperbaiki nya. Untuk itu berikut Penyebab dan cara memperbaiki kaca pintu mobil yang macet atau rusak:

Penyebab kaca pintu mobil macet.
1. Power window bermasalah
Power window yang bermasalah merupakan salah satu penyebab kaca pintu mobil macet atau tidak bisa dinaik turunkan. Karena power window sendiri merupakan komponen penting yang berguna untuk menaik turunkan kaca mobil secara otomatis.

2. Power window terjadi konslet.
Penyebab kaca pintu mobil macet lainya adalah terjadinya konsleting pada kelistrikan power window. Seperti kabel terkelupas, saklar terbakar, ataupun memang sudah termakan usia.

3. Dinamo power window bermasalah
Salah satu penyebab nya adalah dinamo power window bermasalah atau rusak dan mati ataupun konsleting. Mengingat dinamo merupakan komponen utama yang berfungi memutar regulator sehingga regulator merubah putaran nya untuk menaik turunkan kaca mobil.

4. Terlalu kuat saat menutup pintu mobil
Nah, ternyata jika kita menutup pintu mobil terlalu kuat dapat menyebabkan kerusakan pada kaca pintu mobil, tak hanya itu saja konsleting juga bisa terjadi. Untuk itu tirulah pintu dengan sewajarnya saja.

5. Sering di naik turun kan secara terus-menerus.
Kegiatan menaik turunkan kaca secara terus menerus ternyata bisa membuat kaca pintu mobil macet atau rusak. Biasanya hal ini dilakukan oleh Anak-anak kecil, karena mereka menganggap sebuah mainan.

6. Tidak pernah melakukan perawatan
Salah satu Penyebab lainya adalah kurang nya perawatan pada kaca pintu mobil, sehingga kaca sering macet. Untuk itu ketahui cara merawat kaca pintu mobil agar tidak mudah macet atau rusak.

7. Dudukan kaca lepas /patah.
Penyebab yang sering terjadi juga adalah lepas atau patah pada dudukan kaca. Seperti mobil saya juga pernah patah pada bagian dudukan kaca.

8. Rel kaca rusak/karatan
Rel kaca yang sudah haus atau karatan akan menyebabkan kaca pintu mobil gerak kekanan dan kekiri saat dinaikan. Sehingga kaca akan sedikit sulit untuk di naikan.

9. Karet kaca sudah mati/keras
Karet kaca yang sudah mati atau keras akan berakibat pada proses naik turunnya kaca, seperti bunyi, seret, dan bahkan macet.

10. Faktor usia pintu mobil
Tidak bisa dipungkiri lagi jika usia sudah berbicara, karena tidak akan ada hal yang bisa bertahan lama dan abadi, usia yang sudah tua mengharuskan untuk mengupdate atau memperbaruinya. Jadi jika mobil anda merasa sudah tua maka langkah yang harus dilakukan adalah dengan memperbaruinya.


Cara memperbaiki kaca pintu mobil yang macet macet sesuai dengan permasalahan

1 . Kaca pintu mobil macet karena power window bermasalah.
Untuk mengatasi masalah pada bagian power window hal yang pertama dilakukan adalah dengan mengecek dan menelusuri bagian power window, biasanya permasalahan nya pada bagian sekring. Ataupun bagian kelistrikan. Periksalah dan perbaiki jika ada kerusakan.

2 . Cara memperbaiki power window yang  terjadi konslet.
Untuk mengatasi hal ini sebaiknya bongkar dan periksa  dengan teliti dimana letak terjadinya konsleting. Periksa satu persatu urutan pada bagian kelistrikan seperti kabel terkelupas atau saklar terbakar dan lainya. Perbaiki jika masalah sudah ditemukan.

3 . Cara memperbaiki dinamo power window bermasalah.
Memperbaiki power window yang bermasalah, hal yang harus dilakukan adalah membongkar dan memeriksa apakah  terjadi konslet atau dinamo mati. Untuk itu test dengan menggunakan batre apakah masih berfungsi atau sudah mati. Jika mati ganti atau perbaiki di tempat bengkel dinamo terdekat.

4 . Cara memperbaiki dudukan kaca pintu mobil lepas atau rusak.
Untuk memperbaiki dudukan yang lepas atau rusak cukup siapkan lem, kawat besi atau bendrat, tank, dan peralatan pendukung lainya. Bongkar dan perbaiki dengan cara mengelem dan mengikat dengan menggunakan peralatan yang sudah disiapkan.
Cara memperbaiki dudukan kaca pintu mobil lepas atau rusak.
Perbaikan dudukan kaca pintu mobil

5 . Cara memperbaiki rel kaca rusak/karatan.

Untuk memperbaiki rel kaca yang rusak/karatan adalah dengan membuatkan rel yang baru di tempat las, atau bisa juga dengan mengoleskan minyak sayur pada bagian rel agar  karat-karat tersebut hilang.

6 . Cara memperbaiki karet kaca pintu mobil yang sudah mati/keras.
Untuk mengatasi karet yang sudah mati atau keras, anda dapat mengatasinya dengan mengoleskan minyak atau menaburkan bedak pada sela-sela karet. Atau bisa juga memperbaikinya dengan cara melepas karet dan merebus karet tersebut. Hal ini dilakukan untuk mengatasi karet yang sudah mati atau keras.

Perawatan yang harus dilakukan agar pintu mobil tidak sampai macet atau rusak.
Perawatan berkala yang harus dilakukan untuk mencegah terjadi nya kerusakan pada kaca pintu mobil adalah dengan melakukan rutinitas seperti dibawah ini:

1 . Bersihkan sela-sela karet dengan menggunakan kuas untuk menghilangkan debu dan kotoran.
2 . Beri minyak/pelumas pada sela-sela karet.
3 . Semprot kan cairan silikon pada karet kaca.
4 . Gunakan dengan sewajarnya, jangan untuk mainan.
5 . Faktor usia tidak bisa dipungkiri.

Penting nya perawatan memang harus dilakukan, meskipun usia tidak bisa diperpanjang, namun setidak nya dengan melakukan perawatan akan sedikit memberikan umur panjang pada karet kaca pintu mobil.

Nah, itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi kaca pintu mobil yang rusak atau macet, semoga sedikit informasi ini bermanfaat.

Tidak ada komentar untuk "Penyebab dan Cara Memperbaiki Kaca Pintu Mobil Macet, Rusak dan Konslet"

Berlangganan via Email