Penyebab Dan Cara Memperbaiki Pompa Air Yang Rusak Agar Dapat Digunakan Kembali

Mazyanto.com- Penyebab dan cara Memperbaiki pompa air yang rusak agar dapat digunakan kembali. Pompa air merupakan sebuah mesin yang berfungsi  untuk memindahkan liquid atau fluida dari suatu tempat ke tempat yang lebih tinggi melalui sebuah pipa. Pompa air saat ini sangat bergantung dalam kehidupan sehari-hari, seperti dalam rumah tangga, dan dunia industri.  Pemakaian pompa yang terlalu lama tentu akan membuat performa menurun, oleh karena  itu perawatan dan perbaikan pada pompa tentunya harus rutin dilakukan, seperti contoh dalam dunia indutri perawatan pompa rutin dilakukan untuk mencegah kerusakan. Namun bagaimana jika pompa yang digunakan untuk kebutuhan rumah tangga atau pompa air untuk kebutuhan sehari-hari.  Tidak jarang yang tahu diantara mereka penyebab dan cara memperbaiki pompa air yang rusak,  umumnya mereka hanya memakai saja tanpa memikirkan perawatan, penyebab dan cara memperbaiki.  bukan karena tidak ingin merawat namun karena banyak yang belum tau.

Penyebab Dan Cara Memperbaiki Pompa Air Yang Rusak Agar Dapat Digunakan Kembali



Pompa air yang sudah lama diapakai tentu akan mengalami penurunan performa, hal ini dipengaruhi oleh usia dan kurangnya perawatan. Sehingga  hal ini akan berakibat  pada permasalahan-permasalahan yang terjadi pada pompa seperti :

Pompa air tidak dapat mengeluarkan air
Suara berisik di dalam rumah pompa
Pompa air macet
Pompa air hidup, namun tidak berputar
Pompa air panas dan mati seketika
Pompa air mendengung, dan berbau gosong/terbakar
Pompa air mati total
Pompa air harus dipancing

 Itulah beberapa masalah yang sering terjadi pada pompa yang sudah lanjut usia  atau sudah lama dipakai tanpa melakan perawatan. Sebelum membahas tentang perbaikian ada kalanya kita ketahui  dulu apa yang menjadi penyebabnya. Berikut ini penyebab pompa air rusak.

Penyebab pompa air rusak:
1 .Sering memompa air kotor
Menghisap air yang kotor, seperti lumpur, pasir, batu-batuan dan lainnya adalah salah satu penyebab yang berakibat pada kerusakan pompa, terutama pada bagian impeller atau sudu. Jadi perlu diperhatikan pada saat pemasangan pompa, posisi pipa suction jangan terlalu dasar dibawah permukaan air. Sisakan jarak minimal 1 meter guna untuk mencegah kotoran masuk.

2.  Dinamo pompa mati/terbakar
Dinamo pompa yang mati mengakibatkan  pompa air tidak dapat bekerja sama sekali, karena dinamo merupakan sebuah komponen utama yang berfungsi  memutar impeller atau sudu melalui poros penghubung.
Untuk mengetahui dinamo yang rusak atau mati berikut ini ciri-cirinya: dinamo tercium berbau gosong,  lilitan dinamo terlihat gosong, dan ciri yang paling terjadi adalah ketika kita hidupkan saklar listrik akan turun.
Penyebab nya  adalah dinamo sering terkena air, pompa sering terkena air hujan, terkena kencing binatang, konsleting listrik dan arus listrik yang lemah atau terlalu besar.

Cara mengatasinya adalah dengan menggulung ulang spull dinamo. Atau mengganti dinamo dengan yang baru. Karena untuk menggulung dinamo bukanlah hal yang mudah, perlu ketelitian dan pengetahuan yang cukup.

3. kapasitor mati
Kapasitor merupakan sebuah komponen yang berfungsi  untuk menampung atau membagi arus yang akan diteruskan ke dinamo pompa.  Untuk mengetahui kapasitor mati atau tidak nya kita bisa melihat dengan menggunakan multitester.

Berikut cara mengecek kapasitor  mati:
#. Siapkan multitester
#. Pilih rage (uF) pada multitester
#. Letakan kedua kabel multitester ke dua soket +-
#. Lihat berapa nilai tahanan kapasitor, apakah sesuai dengan nilai ketentuan dari kapasitor atau lebih kecil.

4. ada kabel kelistrikan yang putus.
Karena faktor usia bisa saja kabel yang berhubungan dengan dinamo putus, atau karatan karena terkena air. Hal ini tentu akan membuat  pompa mati total. Sebaiknya periksa secara berurutan untuk mengetahui nya kabel yang mana yang putus.

Cara memperbaiki pompa air yang hidup tapi tidak bisa menghisap air
Pompa air yang tidak bisa menghisap air di sebabkan oleh beberapa hal, untuk mengetahui lebih lanjut mari kita analisa permasalahan-permasalahan yang menjadi penyebabnya.   

 #. Terjadi kebocoran pada pipa suction / pipa hisap
Biasanya permasalahan yang sering terjadi adalah terjadi kebocoran pada pipa hisap, pada sela sambungan dan pada bagian elbow nya serta baut ke arah pompa. Untuk itu periksa dengan teliti dimana letak kebocoran nya dengan mengunakan air atau diraba dengan tangan.

#. Seal pompa sudah rusak atau bocor
Karena faktor usia bisa saja komponen-komponen pompa sudah mulai rusak, salah satunya seal pompa nya. Jika terjadi kebocoran pada pompa bagian rumah keong maka itu tandanya seal sudah rusak. Sebaik nya bongkar dan ganti dengan yang baru.

Cara memperbaiki suara berisik pada pompa
Umumnya pompa yang masih baru atau kondisi bagus suaranya tenang, tidak berisik itu tandanya normal. Namun bagaimana jika suara pompa berisik, seperti terdengar kemelitik nah hal itu tentu tidak normal, ada masalah yang menjadi penyebabnya, seperti contoh menghisap kerikil, tanah lumpur, dan benda-beda lainya. 
Solusinya adalah dengan membersihkan, memompa dengan air bersih sampai suara berisik hilang. Namun jika suara berisik tidak hilang-hilang maka langkah selanjutnya adalah dengan membongkar tutup imppeler atau sudu dan mebersihkanya.

Cara memperbaiki pompa air macet
Pompa air macet dapat disebabkan beberapa komponen yang sudah tidak bagus lagi, seperti bearing rusak, dinamo macet, kipas bermasalah dan bahkan terjadi kerusakan pada sudu bisa saja terjadi.  Solusinya adalah dengan membongkar rumah motor dan memutar-mutar poros tersebut, periksa apakah ada karat atau komponen yang sudah tidak bagus lagi.

Pompa air hidup, tetapi tidak berputar
Masalah yang kadang terjadi seperti pompa air hidup, namun kipas tidak berputar. Nah masalah seperti ini biasanya di sebabkan poros sudah termakan usia sehingga menjadi karatan, bearing penghubung poros rusak, kipas dan rumah kipas tidak terpasang dengan pas.

Itulah penjelasan tetang penyebab dan cara memperbaiki pompa air yang rusak, sebenernya masih ada beberapa permasalahan lagi yang belum dibahas dan nanti akan dibahas di waktu yang akan datang.  Permasalahan yang belum dibahas tersebut seperti:

Pompa air panas dan mati seketika
Pompa air mendengung, dan berbau gosong/terbakar
Pompa air mati total
Pompa air harus dipancing

Terimakasih telah berkunjung semoga informasi ini bermanfaat. Next time akan dibahas permasalahan-permasalahan diatas.

Tidak ada komentar untuk "Penyebab Dan Cara Memperbaiki Pompa Air Yang Rusak Agar Dapat Digunakan Kembali"