Jenis Dan Macam Pompa Air Yang Bagus Dan Awet Untuk Kebutuhan Rumah Tangga

Mazyanto.com- jenis dan macam-macam pompa air yang bagus dan awet untuk kebutuhan rumah tangga. Pompa air merupakan salah satu mesin yang berperan penting dalam kehidupan sehari-hari. Kebutuhan rumah tangga saat ini masih mengandalkan pompa sebagai salah satu penunjang nya, seperti memindahkan air dari sumur ke bak penampung, atau bahkan digunakan dalam pekerjaan sehari-hari.
Jenis pompa yang bagus untuk rumah tangga

Pemakaian pompa air dalam kehidupan sehari-hari tek menentu, oleh karena itu di perlukan pemilihan agar pemakain efisien sesuai dengan kebutuhan.

Pompa memiliki jenis dan macamnya, tergantung di mana akan di pakai dan dibutuhkan, umum nya pompa yang bagus adalah pompa yang memiliki head/kapasitas besar. Semkin besar head pompa maka akan semakin besar pula debit air yang dihasilkan.

Pompa adalah sebuah mesin yang berfungsi untuk memindahkan fluida dari suatu tempat ke tempat yang lebih tinggi. 

Cara kerja pompa itu sendiri sangat simpel, generator yang berputar meneruskan putaran nya ke sudu melalui poros, sudu yang sudah membentuk sudut tersebut berputar dan membentuk gaya sentrifugal sehingga menghasilkan tekanan tinggi di dalam rumah impeller, tekanan tersebut berubah menjadi kecepatan tinggi ketika keluar dari rumah keong dan menghasilkan debit yang besar.

Berikut jenis dan macam pompa air yang bagus dan awet untuk kebutuhan rumah tangga.

1 . Pompa untuk sumur dangkal
Pompa ini umumnya digunakan untuk memompa air dengan daya hisap kedalaman 9 meter, dengan head 29 liter/menit. Untuk memilih  jenis pompa ini kita cukup lihat spesifikasi pompa seperti head pompa, suction head, discharge head, dan yang lain nya. Perlu kita ketahui bawasana hal tersebut disesuaikan dengan kebutuhan, jika untuk sumur dangkal menggunakan head/kapasitas di bawah 35 liter/manit sudah cukup.

2 . Pompa untuk sumur yang dalam ( semi jet pump)
Pompa jenis ini umumnya digunakan untuk memompa air dengan daya hisap kedalaman 11 meter. Sangat Cocok untuk sumur yang memiliki kedalaman 15 meteran, apalagi ketika musim kemarau dengan kesurutan air yang sangat dalam.
Dengan menggunakan head di bawah 50 liter/menit sudah cukup untuk kebutuhan sumur yang dalam.

3 . Jenis pompa air untuk yang sangat dalam (jet pump).
Pompa air jenis ini umumnya digunakan untuk daya hisap dengan kedalaman 20 meteran. Jika sumur sangat dalam pompa ini sangat cocok. Karena head nya yang besar.

4 . Pompa submersible.
Pompa jenis ini umumnya digunakan untuk sumur yang sangat dalam, dan bahkan pompa ini bnyak di pakai di perusahaan PDAM. Karena pompa ini sangat kuat dan besar kapasitas nya.

5 . Booster pump (pompa air booster)
Pompa jenis ini memiliki fungsi lain, jika pompa pada umumnya menaikan fluida dari tempat rendah ke tempat yang lebih tinggi,  namun pompa booster ini berbeda, pompa ini mendorong fluida dengan posisi tempat yang tidak memiliki perbedaan ketinggian atau bisa dibilang datar. 

Kesimpulan:
Jika ingin memilih jenis pompa air, sesuaikan dengan kebutuhan pemakaian dan kondisi sumur. Jika ingin mencari debit yang besar, maka carilah pompa dengan kapasitas (Q) yang besar.

Nah itulah ke lima jenis dan macam macam pompa air yang bagus dan awet untuk kebutuhan rumah tangga. Namun dari kelima tersebut harus disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Umumnya setiap orang memiliki kebutuhan lain-lain, semoga dengan kelima sajian pompa air diatas bisa sedikit membantu. 

Tidak ada komentar untuk "Jenis Dan Macam Pompa Air Yang Bagus Dan Awet Untuk Kebutuhan Rumah Tangga"

Berlangganan via Email